Laman

Kamis, 24 November 2011

Galaksi Messier 63 ( Sunflower )

Messier 63 yang juga dikenal dengan Sunflower muncul dengan jelas dalam pencitraan yang diambil dalam cahaya inframerah oleh NASA's Spitzer Space Telescope. Detektor cahaya inframerah sangat sensitif terhadap jalur debu pada galaksi spiral dimana secara natural akan terlihat gelap jika dilihat dengan teleskop lensa cahaya biasa.

Pencitraan Spitzer mengungkap struktur yang kompleks pola lengan spiral galaksi. Messier 63 terletak 37 tahun juta cahaya, tidak begitu jauh dari galaksi Whirlpool yang terkenal dan Messier 51 yang terkait cluster galaksi. Debu terlihat bercahaya merah pada gambar tersebut dan dapat ditelusuri di sepanjang jalur hingga ke core galaksi yaitu form sebuah cincin di sekitar wilayah bintang terpadat di pusatnya.

Garis diagonal pendek (garis pendek miring) yang terlihat di sisi kanan bawah adalah disk galaksi yang sebenarnya terletak lebih jauh, berorientasi dengan ujung yang menghadap ke arah kita.

Warna Biru menunjukkan cahaya inframerah dengan panjang gelombang 3.6 mikron, hijau merupakan cahaya 4.5 mikron, dan merah 8.0 mikron. Kontribusi cahaya bintang diukur sebesar 3,6 mikron dimana telah perbaharui menjadi 8.0 mikron untuk meningkatkan visibilitas fitur debu.


Source : http://www.kesimpulan.com/2011/03/messier-63-sunflower-dalam-cahaya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar